KURUNGBUKA.com, KAB. LEBAK, – Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) pada mata kuliah peminatan Penulisan Feature melakukan observasi ke Baduy Luar yang terletak di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.  

Pada observasi ini tidak hanya melibatkan jurusan KPI saja, namun ada jurusan lain yang bergabung seperti Jurusan Biologi, dan ada juga dari mata kuliah peminatan lain yaitu Public Speaking.

Sobirin, selaku dosen pengampu Mata Kuliah (MK) peminatan Penulisan Feature menjelaskan bahwa observasi ini dilakukan untuk memenuhi tugas akhir pada MK Penulisan Feature.

“Pulang dari Baduy mereka wajib membuat tulisan tentang Baduy. Mulai dari sejarah, budaya dan lainnya untuk dijadikan buku,” kata Sobirin, Minggu (09/06/2024).
 
Uwes Baejuri selaku ketua pelaksana acara mengatakan, observasi ini tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa peminatan MK Penulisan Feature saja.

“Namun ada orang dari jurusan lain seperti Biologi untuk mengkaji alam Baduy dan dari mata kuliah peminatan Public Speaking. Jika ditotal ada 75 orang,” katanya.

Uwes menambahkan bawa tujuan ke Baduy juga untuk melihat sejarah, budaya, sekaligus refreshing dari rutinitas kuliah.

“Tujuan ke Baduy ini tidak hanya untuk memenuhi tugas akhir seperti yang kita tahu, namun juga untuk hiburan diri kita dari rutinitas kuliah. Sekali-kali kita jalan-jalan sambil nulis buku,” tambahnya.

Shilvia Maharani, salah satu mahasiswa UIN Banten mengaku, saat melakukan observasi ke Baduy merasakan banyak tenaga yang terkuras, namun terbayarkan dengan pemandangan indah kampung Baduy serta pelajaran-pelajaran yang bisa kita ambil dari observasi ini.

“Istimewa sekali bisa berkunjung ke Baduy, karena di sana kita bisa ambil banyak pelajaran. Contohnya, menghormati aturan-aturan yang sudah ditetapkan, menjaga kelestarian lingkungan dan masih banyak lagi,” tutupnya. (Nasihah)