KURUNGBUKA.com, SERANG – Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggandeng Rumah Dunia (RD) untuk menyelenggarakan Magang Pegiat Literasi.

Kegiatan ini akan berlangsung selama seminggu pada tanggal 13-27 Juli 2021, empat hari daring dan tiga hari luring di hari yang tidak berurutan. Pelaksanaan Kegiatan ini bertempat di Rumah Dunia, Ciloang, Serang, Banten.

Abdul Salam HS, Presiden Rumah Dunia sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan mengungkapkan bahwa Penyelenggaraan program Magang Pegiat Literasi ini salah satu bentuk strategi dalam meningkatkan kemampuan para pegiat dan kemampuan lembaga Taman Baca Masyarakat (TBM).

“Di kegiatan ini akan ada pembekalan dari pemateri yang berkompeten. Setelah selesai peserta bisa mengimplementasikan apa yang didapat, dengan begitu pegiat dan pengelola bisa lebih baik lagi dalam pengembangan TBM-nya masing-masing,” jelas Salam.

Adapun tujuannya ialah meningkatkan kemampuan manajerial dan pengelolaan, membangun jaringan komunikasi dan sinergi sesama TBM, meningkatkan sikap dan semangat kerelawanan, membangun kemampuan dan keterampilan, serta dapat melahirkan inovasi gerakan literasi masyarakat.

Salah satu persyaratan peserta ialah penulisan esai dengan tema esai “Gerakan Literasi di Banten” atau “Enam Literasi Dasar”. Panjang esai 6000-8000 character with space, ditulis dengan font Times New Roman, ukuran 12, kertas A4. Unggah esai dengan persyaratan lainnya melalui tautan: https://bit.ly/magangliterasirumahdunia.

Sasaran program Magang Pegiat Literasi ini di antaranya pemuda (laki-laki dan perempuan) usia maksimal 35 tahun dan seorang pegiat literasi/pengelola TBM di daerahnya.

“Semoga adanya kegiatan ini mampu menambahkan wawasan para pemuda pegiat literasi serta memberikan dampak semangat tinggi dalam dunia kerelawanan,” tambah Salam. (Nipen)