KURUNGBUKA.com, SERANG – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) menggelar kegiatan bertajuk “Takshow Duta Baca Indonesia; Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat” pada Selasa (28/11/23) di Auditorium Surosowan Rumah Dunia, Serang, Banten.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gol A Gong, pendiri Rumah Dunia sekaligus Duta Baca Indonesia. Selain itu hadir pula para pegiat literasi, perwakilan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), para guru serta puluhan siswa dan mahasiswa di Banten yang memenuhi ruangan pagi itu.

Acara dibuka oleh Abdul Salam HS selaku Presiden Rumah Dunia. Ia menyampaikan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang digadang oleh Perpusnas RI sejalan dengan apa yang selama ini sudah dijalankan di Komunitas Rumah Dunia.

“Rumah dunia sudah sejak lama mengembangkan inklusi sosial. Kami di sini memberikan pelatihan menulis. Selain itu kami mengarahkan minat dan bakat para peserta dan relawan. Semisal ada anak yang ingin mengembangkan dunia wartawan diberi kesempatan untuk belajar langsung ke media cetak dan digital. Saya dulu tertarik dengan puisi, saya dipertemukan dengan para pakar dan sastrawan,” terangnya.

M. Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional RI mengamininya. Menurutnya, Rumah Dunia telah menjalankan nilai-nilai literasi secara baik dan menyeluruh.

“Literasi adalah kedalaman pengetahuan sesorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi untuk memproduksi barang dan jasa yang berkualitas dan dapat dipakai untuk memenangkan persaingan global. Orang-orang bisa membuat mobil dan alat lainnya karena pemahamannya terhadap ilmu pengetahuan. Rumah Dunia membuka kesempatannya,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan talkshow bersama Gol A Gong, Duta Baca Indonesia, Arip Senjaya, Akademisi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa serta narasumber lainnya. (dhe)