KURUNGBUKA.com, CILEGON – Bertempat di Sekretariat Komunitas Literasi Damar26, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Cilegon (Formacil) menyelenggarakn kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M). Kegiatan P2M ini akan diselenggarakan dari tanggal 25-26 Juni 2022.

P2M merupakan program kerja unggulan yang telah disipakan jauh-jauh hari oleh mahasiswa Cilegon yang berkuliah di UPI (Bandung, Serang, Purwakarta). Pada tahun ini, mereka mengangkat tema tentang literasi, “Selaraskan langkah untuk meningkatkan kepedulian terhadap literasi guna menjadikan generasi muda yang berwawasan luas.”

Dalam sambutannya pada acara pembukaan di halaman Sekretariat Komunitas Literasi Damar26, Muhammad Rizqi Pratama selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan P2M ini yaitu sebagai ajang silaturahmi dan pengamalan ilmu yang tlah didapatkan di bangku perkuliahan.

“Tujuan diadakannya kegiatan P2M ini yang pertama sebagai ajang silaturahmi terhadap masyarakat. Dan yang kedua sebagai ajang pembuktian kita sebagai mahasiswa yang notabennya mahasiwa pendidikan yang peduli terhadap minat baca,” ungkapnya.

Ayatulloh selaku pembina Komunitas Literasi Damar26 mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa inilah yang seharusnya dilakukan mahasiswa sebagai agen of change. Melakukan terobosan-terobosan baru, bersinergi dan berkolaborasi. Ia juga meminta para mahasiswa untuk memotivasi anak-anak yang hadir agar semangat belajar sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Pernyataan Ayatulloh ini senada dengan Fahrisal Saputra, Ketua Umum Formacil. Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa ini mengatakan bahwa kegiatan P2M ini memang dirancang untuk mengedukasi serta mengajak anak-anak agar memiliki minat baca yang tinggi.

“Kami berinisiatif mengadakan P2M yang sederhana dengan target anak-anak. Di atara kegitannya yaitu mengedukasi serta mengajak anak-anak agar mempunyai minat baca atau literasi yang baik,” katanya.

Memanfaatkan momen libur sekolah, para panitia telah menyiapkan bebagai macam kegiatan yang benilai edukatif. Salah satunya yaitu nonton film motivasi.

Di hari pertama anak-anak diajak menonton film motivasi. Para peserta yang terdiri dari anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah SD sampai SMP sangat antusias mengikuti arahan dari panitia. Sebelum menonton film motivasi, peserta yang berjumlah kurang lebih tiga puluh diajak bermain ice breaking.

Setelah menonton film motivasi, sekitar jam setengah dua siang, anak-anak diajak bermain games oleh panitia. Di antara games yang dimainkan yaitu: games tebak gerakan, rebutan kursi dan tuang air. Kegiatan ini berlangsung sampai jam empat sore.

Kegiatan P2M akan dilanjutkan pada hari minggu, 26 Juni 2022. Rencananya panitia akan mengajak anak-anak untuk hiking ke Bukit Kedurung. Di sana mereka akan menggelar buku, membaca bersama dan bermain finger painting.(takin/dhe)